Apakah Anda pernah mengalami alergi atau permasalahan kulit akibat salah menggunakan kosmetik? Mungkin ada yang pernah dan ada yang tidak. Yuk ketahui gejala alergi disetiap bagian wajah yang ternyata berbeda.

  • Area mata

Kosmetik yang sering digunakan di area mata biasanya adalah eyeliner, maskara, eye shadow, concealer, atau alas bedak. Bila Anda mengalami alergi pada suatu produk riasan mata, mungkin Anda akan mengalami gejala yang ditandai dengan munculnya ruam berwarna kemerahan, terasa gatal dan mengelupasnya kulit  di daerah sekitar mata. Ini adalah pertanda awal alergi kosmetik muncul.

Pada sebagian kasus, gejala yang dialami akan mereda dengan sendirinya dalam waktu sekitar 24 jam. Bila gejala tak kunjung sembuh, segera periksakan permasalahan alergi pada dokter dermatology.

  • Area bibir

Kosmetik yang digunakan di bibir seperti lipstick, lip balm, lip cream atau yang lainnya ternyata juga dapat menyebabkan alergi. Apalagi jika produk bibir yang digunakan sering bertukar pakai dengan orang lain.

Gejala alergi pada bibir biasanya ditandai dengan bibir akan terasa gatal, menjadi kering, dan kemerahan, serta membengkak.

Hentikan penggunaan produk jika terjadi alergi. Olesi bibir dengan bahan alami seperti minyak zaitun untuk mengurangi iritasi.

  • Alergi pada kulit seluruh wajah

Penggunaan kosmetik yang menyebabkan alergi di seluruh kulit wajah akan sangat terlihat. Alergi tersebut dapat menimbulkan penyakit berupa dermatitis kontak alergi, dermatitis atopik dan bahkan dermatitis seboroik. Gejala yang mungkin muncul adalah kulit terasa gatal, kemerahan, kulit terasa panas atau perih, munculnya ruam, dan pada beberapa kasus akan muncul jerawat secara tidak normal.

Hati-hati dalam penggunaan kosmetik. Pilihlah kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Hindari saling meminjamkan kosmetik karena dapat memicu perpindahan bakteri dan menyebabkan munculnya permasalahan kulit.