Ko muka saya malah tambah kusam dan jerawatan, padahal rutin dibersihkan’. Pernah terbesit pikiran seperti itu dalam benak Anda ketika Anda bercermin? Jika ya, mungkin ini adalah suatu hal yang harus Anda cari penyebabnya. Membersihkan wajah secara rutin memang akan membuat kulit wajah Anda tampak sehat, cerah dan bersih.

 Namun taukah Anda ada beberapa kesalahan dalam membersihkan wajah yang mungkin Anda abaikan. Segera ketahui kesalahan tersebut agar Anda dapat menghindari permasalahan kulit lainnya. Kesalahan tersebut adalah

  • Tidak membersihkan tangan dahulu

Ketika Anda hendak membersihkan wajah, ada baiknya untuk membersihkan tangan Anda terlebih dahulu. Tangan merupakan sarang bakteri, karena yang paling sering bersentuhan dengan apapun. Ketika tangan Anda tidak dibersihkan maka bakteri tersebut bisa saja berpindah ke wajah Anda.

  • SALAH! Menggunakan produk pembersih

Produk pembersih yang digunakan haruslah sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda. Jika tidak, mungkin akan menimbulkan permasalahan lainnya. Terutama kulit sensitive, harus berhati-hati dalam memilih produk pembersih.

  • Terlalu sering menggunakan sabun pembersih atauh bahkan jarang sekali

Terlalu sering menggunakan sabun pencuci wajah akan menyebabkan wajah kering dan kehilangan minyak alami kulit. Namun jarang mencuci wajah dengan sabun juga akan menimbulkan permasalahan seperti jerawat atau kulit kusam karena menumpuknya minyak dan bakteri.

Disarankan mencuci wajah dengan sabun pencuci wajah 2 kali dalam sehari.

  • Terlalu sering melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi adalah mengangkat sel-sel kulit mati. Ketika Anda terlalu sering melakukan eksfoliasi maka kulit yang masih sehat akan ikut terkikis dan menyebabkan kulit wajah Anda sensitive karena terlalu tipis lapisannya.

Disarankan melakukan eksfoliasi cukup 2 kali dalam seminggu.

  • Tidak dibilas sampai bersih

Biasanya ketika Anda sedang terburu-buru Anda hanya membilasnya sampai busanya hilang dan tidak benar-benar bersih. Sebaiknya bilaslah wajah hingga benar-benar bersih.

  • Menggosok terlalu keras

Menggosok wajah terlalu keras akan merusak keseimbangan pH kulit. Jadi menggosok wajah dengan keras tidak menjamin bahwa kotoran akan terangkat seutuhnya, malah akan menyebabkan kulit wajah Anda mengalami iritasi.

  • Menggunakan handuk yang kasar

Untuk mengeringkan wajah yang telah dibersihkan sebaiknya menggunakan handuk yang berbahan halus dan tidak dianjurkan menggunakan handuk yang sering digunakan untuk memberishkan badan, sebab bisa saja menyimpan banyak bakteri.

  • Langsung mencuci wajah ketika masih menggunakan make up

Ketika wajah Anda masih memakai riasan make up sebaiknya jangan langsung membasuhnya dengan air. Bersihkan dahulu wajah Anda menggunakan kapas dan make up remover, kemudian barulah dibasuh menggunakan air dan sabun pencuci wajah.

Yuk hindari kebiasaan ini, lalu lihat bagaimana hasilnya.