Setiap orang termasuk Anda terutama wanita pasti menginginkan bulu mata yang panjang lentik dan tebal. Namun sayangnya tidak semua orang beruntung memiliki bulu mata seperti itu. Banyak juga yang memiliki bulu mata pendek dan tidak lentik. Biasanya Anda menggunakan penjepit bulu mata kemudian menggunakan mascara agar bulu mata terlihat lebih panjang dan lentik. Adapun cara praktis yaitu menggunakan bulu mata palsu.

Namun perkembangan jaman yang sangat pesat, sekarang ini hadirlah sebuah cara untuk memanjangkan dan melentikan bulu mata tanpa harus dilakukan setiap hari bulu mata Anda tetap panjang dan lentik. Cara tersebut disebut eyelash extention. Eyelash extension adalah memanjangkan dan melentikan bulu mata dengan cara menanamkan bulu mata palsu pada daerah bulu mata.

Jika Anda ingin melakukan eyelash extention Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut agar tidak menyesal di kemudian hari.

  • Bulu Mata Rontok

Bulu mata palsu yang ditanam atau ditempelkan akan menyebabkan ketegangan pada bulu mata asli Anda. Jika bulu mata asli Anda tidak memiliki akar yang kuat maka akan ikut terbawa oleh rontoknya bulu mata palsu. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan terjadi kerontokan bulu mata permanen. Sementara mungkin bulu mata Anda akan terlihat tebal namun sebenarnya bulu mata asli Anda jadi menipis.

Eyelash extension tersebut harus dirawat secara berkala agar rontokannya tidak mengenai mata dan mengiritasi mata. Biasanya seseorang yang menggunakan eyelash extension tidak dianjurkan menggunakan maskara yang waterproof atau tidak terhapus oleh air, karena maskara akan susah dibersihkan dan bulu mata akan rontok akubar tarikan yang terlalu kuat.

  • Iritasi

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitive perlu diwaspadai. Karena perekat yang menempel pada bulu mata mungkin akan menimbulkan reaksi alergi yang akan mengiritasi mata Anda. Sejumlah penemuan menambahkan adanya kandungan senyawa kimia formaldehida pada beberapa perekat eyelash extension yang bereda. Kondisi tersebut tentu dapat meningkatkan potensi Anda untuk mengalami iritasi.

  • Mata Terluka

Selain iritasi dari perekatnya, eyelash extension rentan untuk terpapar keberadaan bakteri dan virus. Adanya bakteri dan virus pada eyelash extension yang direkatkan pada bulu mata alami Anda, berpotensi menyebabkan bagian depan mata Anda mengalami peradangan. Eyelash extension bahkan dapat jatuh masuk ke dalam mata Anda dan sulit dikeluarkan, sehingga menyebabkan mata terluka.

Untuk Anda yang ingin melakukan eyelash extension sebaiknya mempertimbangkan hal tersebut matang-matang. Karena mata adalah salah satu indra yang sulit untuk digantikan dan akan sangat berpengaruh jika Anda kehilangan salah satu indra tersebut.