Bisul merupakan benjolan berisi nanah yang muncul dipermukaan kulit. Bisul disebabkan karena bakteri Staphylococcus aureus atau staph yang secara khusus menyerang folikel rambut. Bakteri ini bisa hidup di dalam mulut, hidung, atau kulit manusia, tetapi umumnya tidak membahayakan.

Ketika kulit Anda tergores atau mengalami luka terbuka maka dapat menjadi celah masuk bagi bakteri. Masuknya bakteri ke dalam kulit ini dapat menimbulkan infeksi sehingga tubuh Anda akan mengirimkan sel-sel darah putih demi menangkal infeksi. Kumpulan sel-sel darah putih, sel-sel kulit mati, dan bakteri yang telah mati inilah yang membentuk nanah dan memicu bisul.

Meskipun tidak berbahaya namun tidak ada salahnya jika Anda mengkonsultasikannya bersama dokter. Tes laboratorium berguna untuk mengetahui jenis antibiotik yang ampuh dalam mengobati bisul. Hal ini karena beberapa macam bakteri dapat menjadi kebal terhadap jenis antibiotik tertentu. Apalagi jika bisul tidak kunjung sembuh, Anda wajib membawanya ke dokter. Sebaiknya Anda melakukan ini dirumah untuk menangani bisul:

  • Siapkan kompres air hangat kemudian letakkan perlahan ke daerah bisul dan lakukan hal ini 3-4 kali setiap hari.
  • Ketika bisul sudah pecah, bersihkan kulit Anda dengan menggunakan sabun antiseptik untuk menghilangkan nanah kemudian tutupi luka dengan perban steril.
  • Jangan memecahkan bisul dengan alat bantu apa pun karena dapat memicu infeksi.
  • Pastikan Anda mengkonsumsi asupan makanan sehat dan bergizi agar sistem imun tetap terjaga.
  • Dianjurkan mencuci tangan secara rutin, terutama saat melakukan kontak fisik.
  • Persiapkan handuk yang steril dan mencuci bersih perlengkapan mandi serta tidur Anda untuk memutus penularan bisul.

Bisul dapat Anda cegah dengan memelihara kebersihan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan :

  1. Biasakan mencuci tangan secara teratur dengan sabun jika hendak memakan sesuatu.
  2. Tidak berbagi pakaian atau yang lainnya dengan orang lain, termasuk handuk dan alat cukur.
  3. Bila terdapat luka, goresan, robek, ataupun luka potong, segera bersihkan dan tutup dengan plester steril sampai luka sembuh.
  4. Olahraga teratur .
  5. Makan makanan yang sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.