Pasti Anda sudah sering mendengar tentang kolagen, namun apakah Anda sudah mengetahuinya?

Kolagen adalah sejenis protein yang berperan sebagai perekat tubuh. Jika produksi kolagen cukup aka tubuh akan lebih kuat dan terlihat awet muda. Namun produksi kolagen akan menurun seiring bertambahnya usia.

Anda jangan khawatir, sebab ada beberapa cara untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh, terutama untuk wajah.

Kolagen bisa Anda dapati pada berbagai suplemen maupun produk perawatan kecantikan. Tapi teryata, Anda bisa merangsang kolagen secara alami. Diantaranya dengan

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin

Anda dapat mengkonsumsi makanan yang memiliki sumber vitamin A dan vitamin C. Vitamin tersebut banyak mengandung pada buah-buahan dan sayuran.

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam amino

Asam amino adalah bahan penyusun protein. Makanan yang mengandung asam amino yang tinggu diantaranya daging, ikan, telur dan susu.

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung antosianin dan prolin

Anda bisa mendapatkan kandungan ini pada makanan keju, putih telur, kedelai,

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Makanan yang mengandung tinggi anti oksidan dapat menguatkan ikatan antar kolagen. Makanan tersebut diantaranya anggur, raspberry, blueberry.

Selain mengkonsumsi makanan diatas, Anda juga perlu menjaga kolagen tersebut agar tidak mudah rusak dan menurun.

Sebaiknya Anda menghindari hal-hal berikut:

  • Terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahaya radiasi sinar UV dapat menembus kedalam kulit dan merusak kolagen di dalam kulit. Itulah mengapa dapat menyebabkan penuaan dini yang memunculkan kerutan.

  • Jarang menggunakan sunscreen

Sunscreen berfungsi melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar UV. Jika Anda malas menggunakan sunscreen tentunya kulit tidak akan terlindungi dan terjadilah penuaan dini.

  • Mengkonsumsi makanan yang tinggi gula

Terlalu banyak mengkonsusmsi makanan manis akan menyebabkan kolagen Anda rusak. Akibat dari tingginya hormone insulin yang menyebabkan peradangan pada berbagai jaringan termasuk jaringan yang memproduksi kolagen.

  • Sering terpapar radikal bebas

Bantu cegah radikal bebas dengan mengkonsumsi banyak antioksidan. Radikal bebas sangat banyak sekali Anda temui dilingkungan sekitar. Mulai dari paparan sinar matahari sampai asap rokok. Untuk itu hindarilah asap rokok.

Yuk jaga kondisi kulit dengan meningkatkan kolagen dan menghindari pemicu rusaknya kolagen.