Impetigo merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri. Ciri-cirinya terdapat bercak atau luka yang melepuh. Lama kelamaan luka tersebut meninggalkan kerak berwarna kuning atau kecoklatan. Penyakit ini tergolong penyakit yang menular melalui kontak langsung antara kulit dengan kulit atau melalui perantara seperti handuk, pakaian dan yang lainnya. Impetigo dibagi kedalam 2 jenis, yakni impetigo bulosa dan nonbulosa. Impetigo bulosa ditandai dengan kulit melepuh yang berisi cairan, sebelum kemunculannya si kecil akan mengalami demam dan pembengkakan kelenjar getah bening. Sedangkan Impetigo nonbulosa tidak disertai dengan lepuhan, hanya bercak merah saja yang kemudian menjadi kerak berwarna kuning atau kecoklatan. Meskipun begitu, impetigo nonbulosa lebih menular dibandingkan dengan impetigo bulosa. Sebagian besar kasus impetigo dapat sembuh setelah beberapa hari. Namun untuk mendapatkan penanganan yang tepat sebaiknya bunda membawa si kecil ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Hal lain yang perlu bunda lakukan diantaranya :

  • Pastikan si kecil mendapatkan istirahat yang cukup.
  • Jaga kebersihan tubuh si kecil.
  • Biasakan mencuci tangan sebelum makan.
  • Jangan menyentuh luka.
  • Bersihkan barang-barang yang sering disentuh si kecil.
  • Hindari sentuhan fisik.
  • Hindari tempat umum yang dapat memudahkan bakteri tersebut menular.

Adapun beberapa hal yang dapat memicu impetigo diantaranya:

  1. Suhu yang lembap dan hangat. Bakteri penyebab impetigo lebih mudah berkembang biak pada tempat yang lembap dan hangat.
  2. Memiliki luka terbuka pada kulit. Kuman penyebab impetigo dapat masuk melalui luka kecil pada permukaan kulit, seperti luka gigitan serangga atau ruam kulit.
  3. Melakukan aktivitas yang rentan terjadi kontak kulit, misalnya si kecil berolahraga di sekolahnya.
  4. Lingkungan tempat tinggal yang padat. Bakteri penyakit impetigo lebih mudah menular di lingkungan padat.
  5. Sistem kekebalan tubuh yang belum terbentuk sempurna, itulah kenapa dapat menyerang si kecil.
  6. Memiliki luka terbuka pada kulit. Kuman penyebab impetigo dapat masuk melalui luka kecil pada permukaan kulit, seperti luka gigitan serangga atau ruam kulit.