Mungkin Anda seringmendengar tentang radikal bebas, namun apakah Anda sudah mengetahuinya?

Radikal bebas adalah molekul yang mengandung electron yang tidak berpasangan, sehingga dapat menyumbang atau menerima electron dari molekul lain. Radikal bebas mampu menyerang berbagai molekul dalam tubuh, termasuk protein sebagai target utama. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan protein, sel serta DNA sehingga dapat menyebabkan gangguan keseimbangan dalam tubuh.

Radikal bebas dapat bersumber dari mana saja, seperti sinar matahari, asap rokok, asap kendaraan, polusi udara, makanan, minuman, radiasi, paparan sinar matahari, dan lingkungan sekitar lainnya.

Jika radikal bebas terlalu banyak dalam tubuh Anda maka tubuh akan mengalami stress oksidatif. Stress oksidatif adalah kondisi dimana jumlah radikal bebas yang ada di dalam tubuh lebih banyak dari pertahanan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Perlu Anda ketahui, stress oksidatif ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Selain penyakit jantung, stroke, hipertensi dan yang lainnya, ternyata stress oksidatif dapat menyebabkan Anda mengalami permasalahan pada kulit. permasalahan pada kulit diantaranya

  • Kerutan

Terdapat 2 faktor proses kerutan yang terjadi pada setiap orang termasuk Anda. Yang pertama adalah faktor intrinsik dan yang kedua adalah faktor ekstrinsik. Faktor instrisik berasal dari dalam tubuh seperti berkurangnya elastisitas dalam kulit akubat berkurangnya produksi kolagen seiring bertambahnya usia ataupun karena genetic dan ras. Kemudian faktor ekstrinsik berasal dari luar seperti radikal bebas yang telah disebutkan tadi.

Faktor ektrinsik tadi dapat menyerang Anda dengan tidak memandang segala usia. Jadi memungkinkan Anda mengalami penuaan dini.

  • Flek Hitam

Sama seperti kerutan, flek hitam juga dapat disebabkan karena 2 faktor yaitu instrinsik dan ekstrinsik. Tentu Anda tidak ingin mendapati wajah yang terlihat mempunyai banyak flek hitam.

Namun faktor ekstrinsik seperti paparan sinar matahari, gaya hidup yang kurang sehat sampai keadaan lingkungan merupakan faktor yang dapat Anda cegah dengan memperbanyak antioksidan dan memperbaiki gaya hidup.

Antioksidan bisa Anda dapatkan ketika Anda mengkonsumsi Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E serta beta karoten.